Men-TOEFL (iBT)

Ah. Akhirnya kelar juga test yang satu ini.

Awal Maret yang lalu saya daftar online di ets.org untuk tes TOEFL. Ada pilihan paper-based dan internet-based test. Karena mikir internet itu keren dan canggih, saya pun memilih internet-based. Pas banget ada tes tanggal 10 April 2010 di TBI. Ada rentang waktu sebulan buat belajar dan tempat tesnya ngga jauh pula.

Ternyataa sodara-sodaraaa tanggal 10 April bertepatan dengan wisuda April kampus ter-*uhuk-uhuk*, ITB. Panik pertama datang. Gimana caranyaa bisa tes TOEFL dan ke Sabuga tepat waktu untuk ngucapin selamat ke teman-teman sayaa? (teman SMA saya ada lima looh yang wisuda. *senang, senang*)

Panik kedua muncul kira-kira dua minggu sebelum test. Dengan ngga-mikir-panjangnya, saya beranggapan bahwa TOEFL iBT itu sama dengan TOELF PBT, tapi diberi tambahan tes Speaking. Ternyataa anggapan saya salah!!! TOEFL iBT terdiri atas tes Reading, Listening, Speaking dan Writing. Jadi, ngga ada tes Structure kayak di PBT. Gyaa gyaa. Biaya ikut test ini kan tergolong ngga sedikit, jadi pengennya paling ngga lolos garis amanlah kalo ikut. Darimana belajarnyaaa?

Pertama, saya buka TOEFL iBT Sampler yang disediain oleh ETS waktu saya pertama kali daftar untuk test. Sampler ini nyediain simulasi test iBT, tapi dibatasi. Yang seharusnya Reading Section ada tiga artikel, jadi cuma satu. Listening yang seharusnya ada sembilan audio files, jadi cuma dua, dan seterusnya. Sampler ini ampuh memberi kita gambaran nyata gimana bentuk test iBT, mulai dari tingkat kesulitan bacaan, bentuk conversation/lecture yang bakal kita hadapi di Listening, sampai tipe pertanyaan yang bisa muncul untuk Speaking dan Writing Section. Sampler ini juga pake timer, jadi kita langsung dihadapkan pada situasi test mini. Nah, hanya ada satu peringatan kalau kita mau buka Sampler ini. Sampler ini didesain untuk sekali pakai alias setiap section test cuma bisa dicoba sekali. Sebaiknya Sampler ini langsung dikerjakan sampai selesai, mulai dari Reading sampai Writing. Jangan asal ngeklik tombol keluar. Waktu itu, karena bosan, saya asal ngeklik tombol keluar di tengah-tengah bagian Writing, dan alhasil ngga bisa balik lagi.

Ada beberapa situs yang lumayan oke nyediain contoh-contoh soal untuk test iBT ini. Waktu googling sih, saya lebih fokus nyari contoh-contoh soal untuk Speaking sama Writing Section. Personally, saya sangat terbantu dengan melakukan latihan-latihan Speaking beberapa hari sebelum test. Latihan ini terutama untuk membantu mengatur cara nyampein pendapat dengan teratur dalam batasan waktu yang ditentukan (45-60 detik, tergantung tipe pertanyaannya). Setelah test tadi, saya rasa latihan membaca cepat artikel di layar komputer juga akan sangat membantu. Kecepatan membaca teks di layar komputer kan sedikit lebih lambat daripada kecepatan membaca dari kertas.

Saya senang akhirnya selesai juga test tadi. Ternyata waktunya ngga selama yang dibayangkan. Sekitar 3,5 sampai 4 jam saja. Huehehee. Tinggal nunggu test scorenya online tiga minggu lagi. Semoga hasilnya baguus. :D

– cheers to all –

17 thoughts on “Men-TOEFL (iBT)

    • hmm.. yang gw tau ada toefl institusional sama internasional pan.

      Yang institusional itu bentuknya kayak tes inggris waktu kita pertama masuk itb itu loh. ITB termasuk universitas yang diakuin toefl institusionalnya. daftarnya di upt bahasa. kalo ga salah biaya ikut yang ini 200ribuan apa ya. tapi ga semua universitas (buat s2) mau nerima toefl institusional. kadang mintanya yang internasional.

      kalo si internasional, bisa daftar langsung di tbi ato online. yang ini biayanya 165 USD. sertifikatnya berlaku 2 tahun. hohohooo.

  1. kalo yang lu maksud IBT ma PBT di atas tuh apa nes?
    trus kalo ga salah ada yang maks nya brapa ratus, n ada yang cuma seratusan tuh toefl apaan yak?

    • IBT sama PBT itu termasuk jenis toefl internasional pan. bedanya, kalo pbt itu tes tertulis di kertas biasa. skor maksimalnya yang ampe ratusan itu. biasanya kalo univ2 itu ngasih syarat skor toefl pbt minimal 500 atau 550.

      kalo ibt itu tesnya lewat internet, tapi tetep harus datang ke tempat test sih hehee. ini skor maksimalnya 120. kalo untuk ibt, biasanya univ2 ngasih syarat skor toefl minimalnya 90 pan.

    • resmi kok De. TBI cuma tempat penyelenggaraan aja. Tapi soal dan sertifikat semuanya dari ETS. :) Kalo mau liat tempat2 tes lain di Bandung, bisa dari ets.org aja langsung.

  2. wah,saya jg alumni gajah duduk,lg nyari info ttg ibt nyasar kesini,hehe,salam kenal ya..

    kalo paper kmampuan sy br 547 1tahun yg lalu,kira2 kalo ikut ibt dapet skor brp ya menurut penerawangan rnes? mgkn bs dibandingkan dg hasil yg rnes dapet dr pbt dan ibt..

    soalnya saya hrs dpt 90, klo ga dapet kan rugi 1.5juta,hadoh..

    • salam kenal juga mas,, :D

      hmm yang saya tau 90 di iBT itu ekivalen dengan 550 di PBT. kalo mau jaga2 sih mendingan sediain waktu buat latihan2 soal yang banyak atau kursus singkat dulu mas, sebelum ambil tes iBTnya,,

      gudlak ya mas,, :D

  3. salam kenal jg,
    tanya dong,saya jg ada plan mau ikutan test IBT di bandung des 2010 ini.
    saya udah coba cari info di ets.org,tapi di web nya yg ada cuma bandung,ga nyebutin lokasi sebenarnya (apa di ITB ato di UNPAR,etc).
    Di bagian mananya ya liat tempat test nya? ato kita harus daftar dulu baru bisa liat tempat testnya?
    Mohon bantuannya karena saya orang jauh meskipun dulu pernah kuliah di bandung.
    thx b4

    • salam kenal mbak,,
      kita bisa lihat tanggal dan lokasi test yang ada setelah log in di halaman toeflnya ets. (untuk mudahnya linknya di sini : https://toefl-registration.ets.org/TOEFLWeb/extISERLogonPrompt.do ) Kalo udah login, ntar pilih Register for a Test. Nanti kita diminta milih mau test tanggal berapa, trus ntar situsnya bakal nampilin test center mana aja yang nyelenggarain test toefl di tanggal segitu. :D

      untuk lokasi test TOEFL internasional yang di Bandung setau saya biasanya di UPI, TBI jalan Dago, dan Unpar.

      moga sukses persiapan dan tesnya Mbak. :)

Leave a Reply

